“…Dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang bertakwa”
(Qur’an Surat Al-Furqan:74)

Indonesia telah diprediksi akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi  terbesar di dunia pada tahun  2035. Sejarah, geografi serta kondisi demografi telah menuntun dan mendukung bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju. salah satu syarat mewujudkan Indonesia menjadi negara maju adalah dibutuhkannya sumber daya manusia yang tangguh dan berdaya guna. Kebutuhan  SDM ini diharapkan lahir dari generasi muda, salah satunya dari mahasiswa-mahasiswa FEB UI yang potensial.

FEB UI merupakan salah satu lembaga pendidikan terbaik di Indonesia. Lulusan FEB UI tidak diragukan dari segi kecerdasan dan kontribusinya bagi rakyat Indonesia. Peran FEB UI kepada bangsa Indonesia telah dibuktikan di berbagai bidang sejak era Presiden Pertama hingga saat ini. Potensi besar Alumni FEB UI telah tersebar dalam berbagai bidang kehidupan, ketika bersinergi dengan berbagai  aktifitas  dan  misi  mulia  para  mahasiswa muslim FEUI dalam semangat ukhuwah maka akan menjadi sebuah kekuatan yang lebih besar  untuk  dapat  mewujudkan  banyak  karya-karya  besar  yang  bermanfaat  bagi kepentingan  dan  kemajuan  bangsa,  negara  dan  agama.  Dengan  pertimbangan  tersebut, alumni  FEB UI  dinilai  perlu  untuk  ikut  serta  ambil  bagian  dalam  proses  mempersiapkan sumberdaya ekonom muslim yang siap bersaing dalam era digital milenial sehingga kemudian tercetus ide untuk mendirikan sebuah wadah pembinaan generasi muda, yaitu Pesantren Mahasiswa.

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya”
(Hadits Riwayat Bukhari)

Visi Pesantren Mahasiswa YKM FEUI

Melahirkan ekonom syariah, entrepreneur dan ilmuwan muslim, yang mendorong sinergi dengan berbagai elemen bangsa menuju ISPE (Indonesia Super Power Economy) dan IPEKS (Indonesia Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah) tahun 2035.

Penjelasan Visi

Pesantren Mahasiswa YKM FEUI merupakan salah satu elemen bangsa yang sejak awal berdirinya sudah berbicara tentang Indonesia Super Power Ekonomi dan Indonesia Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah. Ditargetkan itu akan terjadi pada tahun 2035. Sebagai peta jalan menuju ke arah sana, Pesma YKM FEUI mengambil peran dengan menemukan dan mempersiapkan orang-orang yang akan mengisi pos strategis pada masa itu. 3 sektor yang dilihat sangat penting untuk dipersiapkan adalah sektor ekonomi syariah, sektor wirausaha, dan sektor keilmuan. Tentu saja disadari bahwa tidak mungkin pencapaian besar itu bisa dilakukan sendiri. Oleh karena itu Pesma YKM FEUI juga membangun sinergisasi dengan elemen bangsa lain yang memiliki visi serupa agar target yang dicanangkan bisa tercapai.

  1. Melahirkan ekonom syariah, entrepreneur dan ilmuwan muslim (identitas): Pesma YKM FEUI mengumpulkan sumber daya manusia unggul dari Mahasiswa Muslim FEUI untuk kemudian menjalani program pengembangan diri selama 2 tahun. Setelah selesai, mereka diharapkan “terlahir” sebagai 1 di antara 3 identitas Alumni Pesma, yakni ekonom syariah, entrepreneur, dan akademisi.
  2. Mendorong sinergi dengan berbagai elemen bangsa (cara): Pesma YKM FEUI membangun sinergitas dalam rangka mencapai satu tujuan bersama, yakni Indonesia 2035. Proses sinergisasi itu dimulai dengan membangun hubungan baik dengan alumni FEUI sebagai orang-orang yang sedang mengisi pos-pos strategis nasional. Pesma YKM FEUI juga menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga nasioanl, seperti lembaga filantropi, lembaga pers, maupun lembaga pemerintahan. Selain itu, Pesma YKM FEUI juga membina hubungan baik dengan asrama pembinaan lain terutama yang ada di sekitar lingkungan kampus Universitas Indonesia.
  3. ISPE IPEKS 2035 (tujuan): Sudah terlalu banyak penelitian yang menyebutkan bahwa Indonesia akan menjadi kekuatan besar dalam ekonomi dunia di rentang tahun 2025-2045. Sayangnya, belum banyak pihak yang bergerak nyata untuk mewujudkannya, terutama di tahun awal pencetusan wacana pembentukan Pesma YKM FEUI yakni tahun 2013. Indonesia sebagai salah satu pasar muslim dunia terbesar juga diproyeksikan akan memimpin industri ekonomi dan keuangan syariah. Pesma YKM FEUI hadir sebagai langka konkret untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Program Kakak dan Orang Tua Asuh

Pesantren Mahasiswa YKM FEUI didirikan untuk melahirkan ulama ekonomi Islam dan entrepreneur muslim yang berpihak kepada kepentingan umat, berintegritas, kredibel, dan bervisi membangun peradaban Islam. Kami ingin semangat ini tersebar ke seluruh keluarga muslim alumni FEB UI, bersama membangun bangsa dengan semangat persaudaraan Muslim. YKM FEUI mengajak segenap keluarga besar muslim alumni FEB UI untuk mewujudkan visi PesMa YKM FEUI dengan menjadi Kakak Asuh Para Santri.

Selain sebagai ladang amal jariyah, program ini diharapkan dapat mewujudkan kesinambungan gerakan antar lintas angkatan alumni muslim FEB UI untuk berkontribusi melahirkan ekonom-ekonom dan entrepreneur muslim Indonesia. Mari ambil peluang untuk berkontribusi dengan menjadi Kakak Asuh dari santri-santri Pesantren Mahasiswa YKM FEUI Angkatan ke 2

Kabar Terbaru Pesma